Rabu, 13 Maret 2019 16:08 WITA

Lihat! Tanaman Kebangkitan 'Hidup Kembali' Setelah Disiram Air

Editor: Suriawati
Lihat! Tanaman Kebangkitan 'Hidup Kembali' Setelah Disiram Air
Screenshot

RAKYATKU.COM - Sebuah tanaman gurun yang disebut Rose of Jericho mampu 'hidup kembali' menjadi hijau, setelah bersentuhan dengan air.

Proses itu memang tidak instan, melainkan membutuhkan waktu selama beberapa jam.

Sebuah rekaman yang menarik menunjukkan bagaimana tanaman yang tampak mati mulai membentangkan daunnya, dan kembali menjadi warna hijau gelap, setelah wadahnya diisi air.

Tanaman ini memang telah dikenal sebagai 'tanaman kebangkitan' karena kemampuannya untuk menggunakan mekanisme keriting-dan-kering sebagai cara untuk bertahan hidup dalam kondisi tandus.

Jadi meskipun terlihat seperti hidup kembali, tanaman ini sebenarnya hanya keluar dari keadaan tidak aktif yang disebabkan oleh dehidrasi parah.  

Loading...

Tanaman ini merupakan bagian dari keluarga spike-moss, dan botaninya adalah Selaginella lepidophylla. Itu berasal dari gurun Chihuahuan di AS dan Meksiko.

Diperkirakan bahwa tanaman ini dapat bertahan hidup dari dehidrasi ekstrem karena memiliki gula yang disebut trehalose, yang digunakan sebagai sumber energi.

Molekul trehalosa melindungi organisme tanaman dari kondisi ekstrem dengan menstabilkan protein dan menjaga membran selnya.

Tags
Loading...
Loading...