Kamis, 26 Januari 2017 19:39 WITA

POLEMIK RAJA DI TORAJA

VIDEO: Pertemuan Pemangku Adat Toraja dengan Mustamin Londa Sempat Ricuh

Editor: Mulyadi Abdillah

RAKYATKU.COM, TORAJA - Para perwakilan pemangku adat Sangtorayan bersitegang dengan Mustamin Londa di Aula Mapolres Tana Toraja, Rabu (26/1/2017).

Pertemuan ini dimediasi oleh Polres dan Pemkab Toraja menyusul klaim Mustamin Londa sebagai Raja Tana Toraja To Matasak ke-XIX Ri Puang Papailangi.

Insiden pada pertemuan itu berawal saat Mustamin Londa diberi kesempatan berbicara. Disela-sela pidatonya, Mustamin Londa spontan memukul meja. Aksi Mustamin langsung direspon kemarahan dan teriakan para peserta pertemuan.

Beruntung kericuhan ini bisa diredam oleh Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara (VDB) bersama Kapolres Toraja. Bahkan VDB pun berbicara keras agar peserta pertemuan dapat menahan emosi.

"Kita datang di sini untuk menyelesaikan masalah ini secara baik baik. Bukan seperti gaya preman. Kami (Forkominda) disini kalian tidak hargai sama sekali," kata VDB dengan nada tinggi akibat kesal dengan adanya kericuhan.

Di akhir pertemuan ini. para pemangku adat bersama Mustamin Londa dan kerabat Tongkonan Sassa saling berpelukan sebagai tanda polemik raja sudah tamat.

Tags